Mahasiswa STIE Wijaya Mulya melakukan Kunjungan Industri ke PT. Bursa Efek Indonesia dan PT. Indofood dilanjutkan ke Bali

STIE Wijaya Mulya kembali mengadakan kunjungan industri, yang diikuti oleh mahasiswa jurusan Manajemen dan Akuntansi semester 5 dan para dosen, mulai tanggal 30 Oktober – 4 November 2019.

Pada hari pertama, mahasiswa dan dosen melakukan company visit ke PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Tbk. Surabaya dan diterima langsung oleh Humas BEI. Kunjungan ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dari para praktisi di lapangan. Hal-hal yang menjadi tema besar kunjungan ini ialah mengenai praktek “Pasar Modal”.

Penjelasan tentang seluk-beluk bursa dan mekanisme transaksi perdagangan saham dan obligasi yang disampaikan oleh pihak BEI diramaikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para mahasiswa yang sangat antusias untuk memahami tentang berbagai hal berkenaan dengan perdagangan saham, obligasi, serta strategi untuk mendapatkan keuntungan dengan berpartisipasi pada perdagangan di Bursa Efek.

Pertanyaan yang diajukan pun sangat beragam: mulai dari alasan mengapa beberapa perusahaan memilih untuk tidak melakukan stock-split, transaksi mega akuisisi yang kerap terjadi di bursa, saham goreng-gorengan, kasus-kasus insider trading, sampai nilai deposit minimal yang dibutuhkan untuk memulai investasi di BEI.

Hari Kedua, kunjungan dilanjutkan ke PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Surabaya. Selama kunjungan ini mahasiswa dapat melihat proses produksi dan pemasaran produk-produk yang dipasarkan PT Indofood. Kunjungan ini sebagai bentuk implementasi studi yang diajarkan selama di kampus.

Dr. Sri Isfantin Puji Lestari, S.E.,M.M. selaku Ketua STIE Wijaya Mulya Surakarta menyampaikan dengan kunjungan ini bisa menambah wawasan terkait proses produksi dan pemasaran.

“Harapannya bisa menambah wawasan para mahasiswa, karena selama ini hanya belajar materi marketting dan produksi di kelas. Adanya kunjungan ini kita mendapat pengetahuan baru dan bisa melihat secara langsung prosesnya,” tambahnya.

Kunjungan ini sekaligus mengetahui bagaimana cara sebuah perusahaan melakukan proses Manajemen produk dan harga serta melakukan promosi dengan Iklan yang mereka gunakan untuk menarik konsumen.

Kunjungan ini terasa lebih hidup dengan dibukanya sesi tanya jawab dari para mahasiswa. Terakhir peserta diajak untuk melihat proses pengolahan limbah Indofood.

Hari Ketiga, rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Dewata.

baca juga : jatengonline.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *